Sabtu, 26 April 2008

Skeptis Abiss...!


Saya sebenarnya paling tidak suka dengan orang yang tidak punya keinginan untuk belajar. Mentang-mentang mereka sudah Sarjana, barangkali! Ah, saya sekarang kok lebih sering merasa skeptis dengan gelar kesarjanaan seseorang. Apalagi sekarang marak sekali nilai dan ijazah yang didapat oleh seseorang dengan cara 'membeli'(Mudah-mudahan di antara kita nggak ada yang terjebak dalam sindikat itu. Amin..). MasyaAlloh..mau jadi apa negara ini. Yang sedang membuat saya jengkel saat ini adalah, bahwa sekelompok orang-orang yang tidak punya keinginan untuk belajar itu ada di sekitar saya, di lingkungan kerja saya. Padahal mereka sarjana-sarjana lho..! Masak iya....karena, (maaf) mentang-mentang udah sarjana, terus..nggak mau belajar? Saya memang lulusan Diploma, tapi terus terang, saya malu untuk mengakui bahwa saya mantan anak kuliahan (selama ini orang taunya saya cuma lulusan SMA, karena saya masuk sebagai PNS dengan menggunakan ijazah ini). Nggak papa lah...yang penting mau belajar. Dari pada ngakunya Sarjana, tapi ternyata sama sekali nggak siap menghadapi dunia kerja. Disuruh apa-apa, belum-belum udah bilang ngga bisa. Disuruh membuat surat pengantar aja bingung. Apalagi disuruh bikin proposal?! Disuruh ikutan bintek, ngaku nggak pede. Apalagi disuruh tampil di muka umum? Kayak gitu kok minta diangkat jadi PNS. Aduuh...saya kok jadi marah-marah sendiri ya? Mungkin karena emang akhir-akhir ini, saya sedang merasa jenuh dengan suasana kantor. Salah satunya ya karena tiap hari berhadapan dengan orang-orang seperti itu, orang yang nggak ada keinginan untuk belajar. Bikin 'rusak' institusi aja. Saya jadi tidak bisa mendelegasikan sebagian tugas-tugas saya pada mereka. Jangankan mendelegasikan, disuruh bantu-bantu saya aja, mereka nggak pede. Takut salah lah! Beban kerja saya jadi terasa berat banget dipikul sendirian. Makanya saya cepet bosen dengan suasana kantor akhir-akhir ini. Pengen libur sehari...aja, telpon krang kring melulu. Nggak diangkat...gantian sms yang tat tut tat tut...! Padahal isinya, cuma tanya: arsip surat ini dimana mbak? NUPTKnya pak ini berapa mbak...? OH MY GOD!!!JANGAN CUMA BISA MENUNTUT UNTUK DIANGKAT JADI PNS DONG... KAYANYA ANDA BELUM QUALIFIED TUH..Kasian rakyat kalau aparat pemerintahannya belum siap memberi pelayanan yang maksimal. Apalagi nggak ada keinginan untuk belajar. Harus belajar dan nggak malu untuk bertanya. Itupun kalau kita nggak mau jadi orang yang 'jalan di tempat'. Ingat, dunia terlalu luas untuk tidak kita pelajari. Teknologi akan semakin cepat berlari, kalau kita nggak mau mengejar. Setuju?!

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah...andai di tiap instansi pemerintah ada 10 org kayak bu nea...
insyaAllah...krisis kepercayaan masyarakat ke pemerintah bakal berkurang...
udah gitu...pelayanan ke masyarakat juga bakal meningkat...
(amien)
jangan kayak sekarang ini...
ngurus ijin SIUP, SITU, FISKAL, TDP dll...kalo gak ada "selipan" barang nopekceng...gak jalan2 tuh...sampe sebulan gak di urusin...
jadi sedih kalo liat mental2 yang kayak gitu...

ku do'akan bu nea...engkau mampu menularkan semangat melayani masyarakat ke rekan2 se-kantor...
(amien)